Home » , » Sensasi Memancing di Desa Wisata Talun

Sensasi Memancing di Desa Wisata Talun

Written By Unknown on Saturday, May 11, 2013 | 12:08 PM


Sensasi Memancing di Desa Wisata Talun

patiNEWS,seutar kota pati,ini adalah salah satu alternatif wisata alam di telatah pati kidul tepatnya di desa talun kec kayen,-
HAMPARAN lahan sawah yang hampir dipastikan tiap tahun terendam banjir, kini sudah jarang terlihat di Desa Talun, Kecamatan Kayen, Pati. Bahkan, belakangan lahan di bagian utara desa tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dari berbagai daerah.
Alih fungsi lahan dari sawah tanaman pertanian menjadi kolam ikan air tawar sungguh efektif. Petani yang semula kerap merugi karena sering gagal panen, saat ini sudah mulai merasakan hasil dari budi daya ikan air tawar.
Sedikitnya, 278 hektare dari potensi lahan seluas 500 hektare telah berubah menjadi kolam ikan. Selain mengangkat perekonomian masyarakat, hamparan kolam itu juga menjadi sensasi tersendiri bagi kalangan penghobi memancing ikan.
Berkat potensi dan kekhasan itu, Talun yang baru saja dicanangkan Gubernur Bibit Waluyo sebagai desa wisata memiliki daya pikat tersendiri. Hanya, nuansa relaksasi bagi wisatawan yang tidak suka memancing ikan belum terlengkapi.
Kolam yang dilengkapi tempat bersantai keluarga sekaligus menikmati aneka hidangan ikan belum banyak dikembangkan. Akibatnya, kalangan yang dapat menikmati kawasan wisata itu masih terbatas.
Selain pemancing, orang luar daerah yang kerap berkunjung ke Talun, antara lain para bakul ikan atau komunitas masyarakat yang hendak belajar budi daya dan pembenihan ikan air tawar.
 Kendati demikian, budi daya ikan bandeng air tawar, nila merah dan tombro di tempat itu tetap memikat. Setidaknya, tidak hanya kalangan tertentu, kaum pelajar juga dapat menjadikannya wahana belajar di luar kelas.
Daya Tarik Wisata
Ketua Kelompok Pembudi Daya Ikan Mina Sejahtera Desa Talun Nursalim mengungkapkan, potensi yang ada akan terus dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang lebih kompleks. Pengembangan tempat bersantai keluarga di tepi kolam dengan menikmati sajian khas ikan air tawar mulai dirintis.
Adapun untuk wisatawan penghobi memancing, pihaknya juga memberikan fasilitas memadai. Harga yang ditawarkan untuk kegiatan refreshing itu, juga relatif terjangkau.
Sejauh ini, kawasan tambak Talun juga kerap dijadikan tempat lomba memancing tingkat kabupaten dan bahkan provinsi. Event itu kian memublikasikan sensasi memancing dan belajar budi daya ikan di Talun.
Untuk mencapai lokasi desa wisata tersebut, tidak sulit. Dari Jalan Raya Pati-Kayen, masuk Desa Rogomulyo hanya berjarak 3,7 kilometer. Hanya, sebagian besar jalan masuk kondisinya kurang bagus.
Di tengah area tambak juga terdapat fasilitas MCK dan tempat istirahat.
Sekretariat Kelompok Pembudi Daya Ikan Mina Sejahtera menyediakan fasilitas itu. (M Noor Efendi-57)
Sumber

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PatiNEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger